Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sinarto memastikan logistik Pemilu 2024 tersimpan di gudang dengan cukup aman karena mendapat pengawasan dan pengamanan yang ketat.

"Semua logistik termasuk surat suara satu juga lembar lebih yang sudah dilipat tersimpan aman di gudang," kata Sinarto di Sungailiat, Selasa.

Di gudang penyimpanan logistik kata dia, dipasang perangkat teknologi sistem pengawas kamera video "closed circuit television", begitu pula penjagaan oleh personel polisi dari Polres Bangka.

Personel polisi menjalankan tugas penjagaan 24 jam secara bergantian sehingga logistik terjamin aman sebelum didistribusikan ke KPPS.

"Pada saat pelipatan surat suara yang melibatkan ratusan orang, mendapat pengamanan yang ketat dari pihak kepolisian dan Bawaslu setempat," ujar Sinarto.

Sesuai ketentuan, tahapan Pemilu 2024 sudah dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Bangka termasuk menggelar simulasi pemungutan suara untuk memberikan gambaran proses pemungutan suara dan melihat estimasi waktu yang dibutuhkan saat penghitungan suara di TPS nanti.

Untuk kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024 yang digelar serentak, KPU Bangka sudah memperkuat kerja sama dengan berbagai pihak termasuk melibatkan peran media masa.

Pada Pemilu 2024, tercatat jumlah daftar pemilih tetap di Kabupaten Bangka sebanyak 234.537 pemilih, terdiri dari 119.765 pemilih laki-laki dan 114.772 pemilih perempuan. Ratusan ribu pemilu akan menyampaikan hak suara di 911 tempat pemungutan suara.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024