Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyebut proses pelipatan dan penyortiran surat suara Pemilu 2024 yang diselenggarakan oleh KPU setempat berjalan baik.

"Hasil pengawasan di lapangan, proses pelipatan dan penyortiran surat suara sejak Sabtu (6/1) sampai Selasa (9/1) berjalan baik sesuai dengan ketentuan," kata Ketua Bawaslu Bangka, Sugesti dalam keterangan, Rabu.

Pelipatan dan penyortiran, yaitu surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Pemilu 2024 serta surat suara Pemilihan DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dijadwalkan sejak 6 sampai 13 Januari 2024 mendatang.

"Sebelumnya kami juga melakukan pengawasan saat proses pelipatan dan sortir surat suara pemilihan DPD RI," kata dia.

Untuk memastikan saat pelipatan dan penyortiran surat suara berjalan aman dan lancar kata Sugesti, pengawasan yang sama dilakukan oleh personel polisi dari Polres Bangka. Personel polisi yang ditugaskan melakukan pemeriksaan dengan cukup ketat semua petugas yang keluar masuk di lokasi pelipatan.

"Saya sarankan agar semua petugas pelipatan dan sortir surat suara pemilihan umum dapat menjaga kesehatan supaya stamina tubuh tidak mengalami kendala saat menjalankan tugas pelipatan," ujarnya.

Selain harus tetap menjaga kesehatan, diingatkan agar dalam melipat dan sortir surat suara dikerjakan dengan baik dan benar sehingga memudahkan nantinya pemilih membuka dan melipat kembali surat suara usai dicoblos.

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024