Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kepulauan Bangka Belitung menyatakan perekonomian regional hingga akhir tahun 2023 masih solid karena didukung dengan konsumsi rumah tangga yang tetap tumbuh kuat dan tingkat inflasi yang terkendali.

"Pada Desember 2023, inflasi gabungan dua kota di Babel secara year on year (yoy) sebesar 2,65 persen, sedangkan secara month to month (mtm) tercatat mengalami deflasi sebesar 0,04 persen dari bulan November 2023," kata Kepala Kanwil DJPb Babel Edih Mulyadi melalui rilis yang diterima di Pangkalpinang, Rabu.

Meningkatnya inflasi gabungan dua kota di Babel secara yoy terjadi karena adanya peningkatan indeks pada hampir seluruh kelompok pengeluaran yang didominasi oleh kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 5,11 persen.

Secara mtm, kelompok makanan, minuman dan tembakau masih memiliki andil yang dominan terhadap deflasi Desember 2023 dengan sumbangan komoditas tertinggi terdiri dari ikan kerisi dan cumi-cumi.

Dalam skala global, fluktuasi harga komoditas dunia terhadap timah dan sawit sepanjang tahun 2023 mempengaruhi dinamika kinerja ekspor dan impor di regional Babel.

Realisasi pada bulan Desember 2023 tercatat perlambatan ekspor secara mtm maupun yoy yang dipengaruhi oleh rendahnya harga timah dunia dan turunnya volume ekspor CPO ke negara-negara utama, antara lain China dan Belanda.

Selain itu, perlambatan kinerja ekspor pada Desember 2023 ini juga dipengaruhi oleh telah terpenuhinya kuota ekspor komoditas non migas di ujung tahun 2023.

Selaras dengan kinerja ekspor, kata dia, realisasi impor di regional Babel pada Desember 2023 juga mengalami penurunan secara mtm maupun yoy karena importasi bulan Desember 2023 hanya bersumber dari aspal, hal ini berbeda pada periode yang sama tahun sebelumnya yang terdapat impor barang modal berupa mesin dan suku cadang elektronik di wilayah Tanjungpandan.

Meskipun di tengah perlambatan kinerja ekspor dan impor, kinerja neraca perdagangan Desember 2023 di Babel masih positif dan mencatat surplus sebesar USD153,82 miliar.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024