Koba(Antara Babel) - Kota Pangkalpinang berhasil meraih juara umum dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah VIII Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang digelar di Kabupaten Bangka Tengah pada 19-23 Juli 2016.

Data dari sekretariat Popda di Koba, Minggu, mencatat Kota Pangkalpinang keluar sebagai juara umum setelah berhasil mengumpulkan sebanyak 77 medali, sementara tuan rumah Bangka Tengah berada di posisi dua dengan perolehan 38 medali.

Sementara posisi tiga diraih Kabupaten  Belitung Timur dengan perolehan 31 medali, posisi empat Kabupaten Belitung, posisi lima kabupaten Bangka Selatan dan posisi terakhir Kabupaten Bangka Barat.

Kepala Disbudparpora Bangka Tengah, Zaidi mengatakan penyelenggaraan Popda berjalan sesuai harapan namun kontingan tuan rumah hanya mampu meraih juara dua dengan perolehan 38 medali.

"Kendati hanya mampu meraih juara dua, namun kami tetap merasa puas karena sudah sukses dalam menyelenggarakan kegiatan ini dan itu juga bagian dari prestasi," ujarnya.

Namun demikian, pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap seluruh cabang olahraga yang tidak berhasil meraih medali untuk dibina lebih serius lagi ke depan.

"Memang kami akui Popda ini hanya ajang uji coba atlet untuk dipersiapkan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi yang juga akan digelar di Bangka Tengah pada 2018," ujarnya.

Ia mengatakan, persiapan daerah itu sebagai tuan rumah sudah dilakukan dari sekarang dengan membangun dan melengkapi fasilitas olahraga agar lebih representatif.

"Persiapan menyongsong Porprov 2018 sudah dilakukan dari sekarang dengan membangun tempat bertanding yang lebih layak dipakai untuk ajang olahraga tingkat provinsi itu," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016