Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkatkan pemberian vaksinasi ternak sapi petani, seiring bertambahnya pasokan sapi potong dari luar daerah menjelang Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Saat ini pasokan sapi potong sudah mengalami peningkatan untuk memenuhi kebutuhan daging masyarakat menjelang Lebaran Idul Fitri dan Idul Adha tahun ini," kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Babel Edi Romdoni di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan peningkatan lalu lintas ternak sapi dari Pulau Jawa, Sumatera ini menjelang hari besar keagamaan ini berpotensi terjadi penularan berbagai penyakit hewan seperti penyakit mulut kaki, benjolan kulit dan lainnya ke ternak petani lokal.

"Kami menargetkan memvaksinasi 2.000 ekor sapi petani, untuk meningkatkan ketahanan tubuh ternak dari berbagai penyakit menular ini," ujarnya.

Ia menyatakan dalam mengantisipasi berbagai penyakit menular ternak ini, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kepulauan Babel bersama Balai Karantina Pertanian mengoptimalkan pengawasan pemasukan ternak di sejumlah pelabuhan Pulau Bangka dan Belitung.

"Setiap ternak masuk harus mendapatkan rekomendasi dari Dinas Pertanian dan pelaku usaha harus menunjukkan surat bebas penyakit penular dari daerah asal ternak dan jika seluruh syarat dipenuhi tentunya tidak akan ada masalah," katanya.

Menurut dia pemberian vaksinasi ini hanya untuk ternak-ternak yang sehat, agar vaksin dapat bekerja baik untuk meningkatkan ketahanan tubuh ternak menangkal berbagai penyakit ini.

"Kita sudah membentuk tim keswan mengoptimalkan vaksinasi sekaligus melihat langsung kondisi kesehatan ternak petani di daerah ini," katanya. 

 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024