Puskesmas Sungailiat Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membuka layanan vaksinasi Meningitis untuk calon jamaah haji yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah 15 Mei 2024.

Kepala Puskesmas Sungailiat Kabupaten Bangka drg M Alamsyah dalam keterangan, Kamis mengatakan, layanan vaksinasi Meningitis sifatnya opsional atau tidak tentu waktu.

"Vaksin Meningitis diberikan kepada calon jamaah haji bersifat opsional atau yang datang ke puskesmas diberikan layanan itu," katanya.

Tercatat ada 54 calon haji yang akan mendapat layanan vaksin Meningitis di Puskesmas Sungailiat, sementara calon jamaah haji yang lain mendapatkan vaksin di puskesmas terdekat.

"Pemberian vaksin Meningitis tidak hanya di Puskesmas Sungailiat, namun di puskesmas lain yang sudah direkomendasikan oleh kantor Kementerian Agama," ujarnya.

Hanya saja kata dia, sampai saat belum ada calon jamaah haji yang melakukan vaksinasi Meningitis meskipun pihak puskesmas selalu siap di jam kerja.

Sementara Plt Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka, Zakwan mengatakan, calon jamaah haji yang sudah melakukan pemeriksaan kesehatan termasuk vaksin Meningitis akan dimasukkan dalam sistem Komputerisasi Haji Terpadu Bidang Kesehatan (Siskohatkes).

Terdata jumlah semua calon jamaah haji asal Kabupaten Bangka yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah tahun 2024 sebanyak 314 orang.

"Ratusan calon jamaah haji akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah melalui embarkasi Palembang Sumatera Selatan pada 15 Mei 2024," kata Zahwan.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024