Universitas Bangka Belitung (UBB) mencanangkan zona integritas untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi (WBK) tingkat Perguruan tinggi negeri, sebagai salah satu upaya mengurangi praktik Korupsi.

"Kita masih dalam fase pencanangan dan ini tahap pertama dari lima tahap yang masih cukup panjang," kata Rektor Universitas Bangka Belitung, Profesor Ibrahim usai mengunjungi dua fakultas di kampus terpadu UBB, Rabu.

Ibrahim mengatakan yang paling penting dari rangkaian penetapan zona integritas itu adalah pembangunan dari zona integritas itu sendiri, karena disitu ada goodwil, target, sasaran, output dan impact yang ingin di maksimalkan oleh UBB.

"Itu sebetulnya yang paling substansial dibanding ending yang kita dapatkan sebelum penetapan," ujarnya.

Ibrahim menambahkan, setelah melakukan input data untuk kepentingan pengusulan zona integritas, maka akan ketahuan belum lengkapnya itu dmana, kekurangannya dimana dan apa yang harus kita perbaiki, jadi disitu akan kelihatan.

"Dan itu menjadi alat general checkup bagi UBB untuk mendeteksi dimana titik lemah dan apa yang harus dilakukan dan yang paling penting dari semuanya adalah target perubahan," ujarnya.

Saat ini UBB juga sudah menjadi perguruan tinggi Bantuan layanan umum (BLU) sehingga UBB harus terus berbenah meningkatkan kualitasnya untuk menjadi yang terbaik.

UBB juga selalu berupaya meningkatkan kualitasnya agar lebih profesional dengan memperbaiki tata kelolanya agar nanti UBB bisa ditetapkan sebagai salah satu kampus dengan zona integritas wilayah bebas korupsi (ZI-WBK).

"Target kita fakultas-fakultas ini dapat ditetapkan sebagai zona integritas untuk mendapatkan predikat Wilayah bebas korupsi (WBK)," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024