Pejabat Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M Haris mengajak seluruh lapisan masyarakat di wilayah itu ikut menyukseskan Ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia VIII tahun 2024, karena akan membawa nama baik daerah di tingkat regional.

"Saya mengajak masyarakat ikut mendukung dan menyukseskan Ijtima Ulama 2024," kata M Haris di Sungailiat, Selasa.

Sebagai tuan rumah Ijtima Ulama kata dia, tentu menjadi momen penting memperkenalkan Kabupaten Bangka ke tingkat nasional bahkan di tingkat regional melalui peserta utusan dari negara-negara sahabat.

"Saya optimis dengan persiapan yang matang, panitia mampu mengemban tanggung jawab sehingga Ijtima Ulama tahun ini di Kabupaten Bangka akan berjalan aman dan lancar," katanya.

Ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia VIII dijadwalkan mulai hari ini, 28-31 Mei 2024 di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Islamic Center, Kecamatan Sungai Liat, Bangka, Bangka Belitung.

Ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia VIII akan membahas tiga tema besar yakni, terkait dengan masalah-masalah kenegaraan (masail asasiyah wathaniyah), masalah fikih dan hukum Islam tematik kontekstual (masail waqi'iyah mu'ashirah) dan masalah hukum dan perundang-undangan (masail qanuniyyah).

Ijtima juga akan membahas mengenai sikap yang harus diambil oleh seorang Muslim dan seorang warga negara terhadap saudara yang berbeda negara yang sedang mengalami krisis kemanusiaan, penanganan pengungsian seperti Rohingya dan sejenisnya.

Sementara Sekretaris yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Mulyadi mengatakan pihaknya telah menyiapkan 16 asrama dengan kapasitas 800 tempat tidur.

"Fasilitas asrama atau tempat tidur untuk peserta Ijtima Ulama semua bagus dan layak pakai," kata dia.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024