Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan tim pemeriksa hewan kurban, guna memeriksa kondisi kesehatan hewan kurban di daerah itu menjelang Idul Adha 1445 Hijriah.

"Kami sudah menyiapkan tim pemeriksaan hewan kurban menjelang Idul Adha 1445 Hijriah yang merupakan kegiatan rutin setiap tahun," kata Kepala DKPP Belitung, Destika Efenly di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia, tim pemeriksa hewan kurban tersebut akan diterjunkan guna memeriksa kesehatan hewan kurban di kandang ternak maupun tempat penjualan hewan kurban.

"Tim akan berkeliling dari setiap kandang penjualan hewan kurban ke kandang yang lain guna mengecek kesehatan hewan kurban yang dijual ke masyarakat," ujarnya.

Baca juga: DKPP Belitung latih 30 juru sembelih halal jelang Idul Adha

Selain itu, kata Destika, tim pemeriksa hewan kurban juga akan diturunkan pada saat berlangsungnya penyembelihan hewan kurban Idul Adha 1445 Hijriah di masjid-masjid atau mushola setempat.

"Mereka akan mengecek kondisi hewan kurban pada saat "antemortem" (sebelum disembelih) dan "postmortem" (setelah disembelih) terutama di bagian hati, empedu dan organ lain apakah sehat dan layak untuk dikonsumsi dan dibagikan kepada para penerima," katanya.

Ia mengimbau, agar panitia kurban Idul Adha 1445 Hijriah dapat menggunakan wadah yang ramah lingkungan dalam mengemas atau membungkus daging kurban.

"Bisa menggunakan wadah dauh Simpor karena itu ramah lingkungan jadi tidak menggunakan plastik yang bisa menimbulkan sampah serta tidak ramah lingkungan," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024