Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan melatih sebanyak 100 orang Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) di daerah itu.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Belitung, Agus Supriadi di Tanjung Pandan, Rabu mengatakan Redkar nantinya akan membantu tugas pemadam kebakaran di lapangan guna menangani terjadinya peristiwa kebakaran di daerah itu.

"Pelatihan bagi para Redkar ini kami jadwalkan pada akhir Juni mendatang," katanya.

Menurut dia, saat ini para Redkar yang telah direkrut sedang melaksanakan tahapan registrasi yang bertempat di Pos Damkar BPBD Belitung.

"Dari 100 orang Redkar yang telah kami rekrut baru sebanyak 75 orang Redkar yang telah melakukan registrasi untuk mengikuti pelatihan dan lainnya masih kami tunggu," ujarnya.

Agus menambahkan, adapun materi pelatihan yang diberikan nantinya meliputi pelatihan dasar penanggulangan bencana kebakaran dan penyelamatan baik materi maupun praktik langsung.

Selain itu, lanjut dia, para Redkar juga akan diberikan materi soal evakuasi dan penyelamatan binatang (animal rescue).

Ia menambahkan, pembentukan relawan pemadam kebakaran tersebut bertujuan untuk membantu kerja petugas pemadam di lapangan saat terjadinya peristiwa kebakaran.

"Karena ini namanya relawan tentu mereka akan membantu kerja petugas pemadam di lapangan," katanya.

Selain itu, para relawan juga akan melakukan edukasi kepada masyarakat terkait pencegahan dan penanggulangan peristiwa kebakaran.

Dirinya berpendapat, Belitung sudah saatnya memiliki relawan pemadam kebakaran di masing-masing kecamatan wilayah itu.

"Jumlah relawan pemadam kebakaran ini nanti akan disesuaikan dengan risiko dan potensi ancaman bencana kebakaran di masing-masing desa," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024