Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pangkalpinang menggelar 'Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Tudung Saji' untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2024 mendatang.

"Di kegiatan kali ini kami Bawaslu kota Pangkalpinang melaksanakan pengawasan bersama sahabat-sahabat disabilitas. Ini jadi hal penting bagi kami karena kami melihat para disabilitas ini memiliki peran untuk menyukseskan pilkada di Kota Pangkalpinang," kata Ketua Bawaslu Kota Pangkalpinang, Imam Ghozali di Pangkalpinang, Kamis.

Imam mengatakan, para disabilitas memiliki hak yang sama seperti semua elemen masyarakat dan yang terpenting mereka sudah memiliki hak pilih di Pilkada mendatang.

Di kegiatan ini Bawaslu Babel juga melibatkan penerjemah untuk teman-teman disabilitas agar saat nara sumber menjelaskan, teman-teman disabilitas bisa memahaminya.

Menurut Imam jumlah penyandang disabilitas di tujuh kecamatan yang ada di Kota Pangkalpinang itu 1.024 orang. Namun Bawaslu Babel terus melakukan update jumlah penyandang disabilitas dan mengimbau KPU Kota Pangkalpinang untuk terus mendata jumlah penyandang disabilitas.

"Informasi yang kita dapat sebanyak 1.024 dan kita terus himbau KPU tentang penyandang disabilitas agar di data, termasuk di e-coklit yang formulirnya ada untuk penyandang disabilitas per kategori, mental, motorik, tunarungu atau tunanetra. Dan saat coklit kemarin kita yakin itu sudah dilakukan oleh teman-teman di KPU," ujarnya.

Selain itu tim pengawas dari Bawaslu Kota Pangkalpinang juga rutin menggelar patroli dengan menyasar penyandang disabilitas agar turun langsung mengecek lagi betul atau tidak jumlah penyandang disabilitas.

"Saat terjun ke lapangan ada sahabat disabilitas yang satu keluarga suami istri penyandang disabilitas dan alhamdulillah mereka sudah tercoklit," ujarnya.

Imam juga berharap para sahabat disabilitas memperhatikan haknya karena mereka adalah pemilih rentan yang punya hak yang sama.

"Kami ingin memastikan mereka disabilitas memiliki hak yang sama karena suara mereka juga menentukan pemimpin kota Pangkalpinang kedepan," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024