Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka Selatan periode 2024-2029 yang baru saja dilantik akan menjalani orientasi dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Hal itu dikatakan langsung oleh Ketua sementara DPRD Bangka Selatan, Erwin Asmadi usai pelantikan dan pengambilan sumpah janji  30 anggota DPRD Bangka Selatan di ruang rapat paripurna junjung besaoh, Selasa (17/9).

"Insya Allah pada tanggal 24-28 ini, anggota DPRD Bangka Selatan yang hari ini sudah dilantik akan menjalani orientasi dari BPSDM Bangka Belitung," katanya.

Ia mengatakan, sesuai dengan aturan, anggota DPRD yang telah dilantik harus melaksanakan orientasi. Jika tidak mengikuti orientasi  anggota DPRD tidak akan bisa melaksanakan pekerjaan selanjutnya.

"Ketika tidak mengikuti orientasi yang telah ditentukan, maka mereka tidak bisa melaksanakan tugas-tugas DPRD dan mendapatkan hak sesuai dengan aturan," ujarnya.

Erwin mengatakan, dalam kegiatan orientasi nantinya, anggota DPRD akan diberikan pemahaman tentang tugas pokok dan fungsi serta kewajiban sebagai DPRD oleh narasumber dari Kementerian Dalam Negeri yang akan dihadirkan oleh BPSDM. 

"Melalui kegiatan orientasi nantinya diharapkan dapat membantu para anggota DPRD yang baru agar memahami kapasitas sebagai wakil rakyat," ujarnya.

Ia menambahkan, DPRD Bangka Selatan akan melaksanakan rapat fraksi untuk penyampaian nama-nama anggota fraksi dan juga pembahasan tata tertib DPRD.

"Besok kita akan melakukan rapat fraksi dan juga pembahasan tata tertib DPRD, apa yang yang sudah bagus akan tetap dipertahankan," ujarnya.

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024