Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), meningkatkan peran relawan sosial dalam upaya akselerasi penanganan masalah kesejahteraan masyarakat di daerah setempat.

"Kami bekerja sama dengan Baznas dalam menjalankan program kesejahteraan masyarakat dan relawan menjadi ujung tombak untuk merealisasikannya," kata Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bangka Tengah Era Susanto di Koba, Sabtu.

Dalam kegiatan yang hadiri para relawan seperti Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Plt Bupati Era Susanto menanda tangani kesepakatan dengan Baznas terkait penyaluran bantuan sosial.

Era mengatakan kesepakatan ini dibuat berdasarkan keperluan dan pertimbangan yang terjadi di lapangan.

“Selama ini pihak Baznas mengalami kesulitan untuk mendapatkan informasi terkait permohonan bantuan, seperti identitas pemohon yang benar, tervalidasi sesuai kondisi," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, perlu duduk bersama mengajak relawan sosial membangun percepatan informasi data tentang masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan.

Era mengatakan PSM dan TKSK lebih paham terkait kondisi masyarakat. Bantuan PSM dan TKSK, lanjutnya, sangat diperlukan oleh Baznas Bangka Tengah.

"Jika ini efektif, kami akan merekomendasikan Baznas untuk melakukan MoU kepada Pemkab Bangka Tengah agar kerja sama ini lebih terikat, sehingga para relawan sosial bisa dengan maksimal melakukan kewajiban dalam menangani kesejahteraan sosial,” kata Era.

Ia juga berpesan kepada relawan sosial agar tetap ikhlas dan sabar dalam menangani berbagai macam karakteristik pemohon bantuan.

“Jangan berhenti berbuat kebaikan, karena kita tidak tahu doa apa yang orang panjatkan di setiap malam atas perbuatan kita,” ucapnya.

 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024