Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kembali meluncurkan program penyaluran bantuan beras cadangan pangan pemerintah (CPP) tahap III, untuk keluarga penerima manfaat (KPM) di daerah setempat.

Staf Ahli Bidang Perekonomian, Pembangunan, dan Keuangan Sekretariat Pemkab Bangka Tengah Tamimi di Koba, Jumat, mengatakan penyaluran CPP tahap III ini merupakan periode Oktober 2024.

"Setiap KPM mendapatkan bantuan beras sebanyak 10 kilogram dari program Badan Pangan Nasional (Bapanas) yang bekerja sama dengan Perum Bulog," ujarnya.

Ia menjelaskan, peluncuran program CPP tahap III dimulai di Desa Jelutung dan sebanyak 76 KPM mendapatkan beras gratis sebanyak 10 kilogram dan 79 KPM di Desa Sungaiselan Atas.

"Verifikasi data dilakukan sebelum penyerahan bantuan dan rata-rata penerima adalah para lanjut usia," ujarnya.

Ia menjelaskan, program CPP dalam rangka memperkuat ketahanan pangan keluarga dan bentuk intervensi pemerintah menyikapi kondisi harga pangan di pasar.

"Kita semua tahu kondisi ekonomi saat ini sedang tidak baik, maka pemerintah hadir untuk membantu kesulitan warga," ujarnya.

Kepala Desa Jelutung Syahri, mengatakan program CPP sangat membantu masyarakat dan berharap terus berlanjut karena sangat membantu masyarakat yang tidak ada mata pencaharian atau tidak bisa lagi mencari nafkah.

“Penerima manfaat pada tiap program itu berbeda, tidak boleh dapat bantuan ganda dan penerima manfaat untuk program CPP ini harus masuk DTKS," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024