Indeks pembangunan statistik (IPS) Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meraih predikat baik dari Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia.

"Alhamdulillah, sesuai target tahun ini, indeks pembangunan statistik kita meraih predikat baik dari BPS dengan nilai 2,67 poin," kata Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangka Selatan Yuri Siswanto di Toboali, Senin.

Ia mengatakan, indeks pembangunan statistik merupakan parameter kualitas penyelenggaraan kegiatan statistik di lingkungan pemerintah daerah.

"Semakin baik nilai indeks pembangunan statistik, maka semakin berkualitas pula kegiatan manajemen data statistik di suatu lembaga," ujarnya.

Menurut Yuri, data merupakan instrumen pijakan dan pedoman merumuskan kebijakan kedepan. Data yang akurat, lengkap dan update akan menjadi penentu ketepatan sasaran program dan kegiatan pemerintah. 

"Kita sangat yakin bahwa semakin baik kualitas manajemen data, maka sasaran program pemerintah kepada masyarakat akan semakin tepat," ujarnya.

Ia menambahkan, dengan diraihnya predikat baik ini, tentu akan menjadi motivasi bagi  Diskominfo. dalam penyelenggaraan urusan wajib statistik di lingkungan pemerintah kabupaten Bangka Selatan.

"Peran Diskominfo sebagai Walidata daerah akan terus kita optimalkan. Sehingga sistem satu data Bangka Selatan yang terintegrasi dengan provinsi dan pusat segera terimplementasikan," ujarnya.

Secara simbolik penyampaian hasil indeks pembangunan statistik Kabupaten Bangka Selatan tahun 2024 dilakukan di ruang kerja Bupati Bangka Selatan pada Jumat pekan lalu.

Laporan penilaian tersebut diserahkan oleh Kepala BPS Kabupaten Bangka Selatan Agung Rachmadi kepada Pjs Bupati Bangka Selatan Elfin Elyas didampingi Pj Sekda, Kepala Bappelitbangda dan Plt Kadis Kominfo.

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024