Pangkalpinang (Antara Babel) - Anggota Komisi I DPRD Kota Pangkalpinang, Rio Setiady menyatakan mendukung dan mengapresiasi terbentuknya satuan tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di daerah itu.

"Kami sangat mendukung sekali langkah pemerintah kota membentuk tim Saber Pungli. Hal Ini tentu akan sangat banyak membantu meningkatkan layanan publik," ujarnya di Pangkalpinang, Rabu.

Menurut dia, pembentukan tim itu jangan sekedar deklarasi saja, namun juga harus ada sosialisasi yang masif. Jangan sampai para ASN yang menjadi garda terdepan dalam pelayan publik justru terperangkap dalam ketidaktahuan tentang apa saja hal-hal yang termasuk pungli.

"Karena kurangnya sosialisasi bisa jadi selama ini kita anggap hal itu biasa saja, namun ternyata itu adalah termasuk pungli seperti pungutan dana komite sekolah beberapa waktu lalu," jelasnya.

Ia mengatakan, agar bisa berjalan efektif tim ini harus melibatkan banyak pihak termasuk DPRD kota, karena pihaknya pun siap menjadi bagian dari pemberantasan pungli di Kota Pangkalpinang.

Menurut dia, dengan adanya tim Saber Pungli berarti ada keinginan yang kuat dari pemkot untuk memberantas pungli dan ini harus diapresiasi.

"Namun jangan sampai ada efek bumerang, yang artinya justru memberikan suasana mencekam bagi para ASN pelayan publik yang takut karena dibayang-bayangi tim Saber Pungli," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017