Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan sebanyak 40 ton beras untuk meringankan beban para korban musibah banjir di Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur.

"Masing-masing kepala keluarga korban banjir akan mendapatkan lima kilogram beras dan bantuan ini diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat yang tengah tertimpa musibah," kata Kepala Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Babel, Ahmad Damiri di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menyebutkan penyaluran beras bantuan bagi korban bencana alam itu sudah menjadi kewajiban pemerintah sesuai Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan.

"Bantuan ini selain untuk membantu korban banjir juga guna menjaga stabilitas stok dan harga pangan di wilayah yang terkena musibah bencana alam," ujarnya.

Damiri mengatakan beras bantuan tersebut juga untuk memenuhi kebutuhan beras di posko-posko pengungsian korban banjir di Belitung dan Belitung Timur.

"Kami berharap koordinator dapur umum segera mengajukan usulan penambahan beras agar makanan selalu tersedia untuk para korban banjir," katanya.

Ia meyakini pendistribusian beras bantuan bagi korban banjir tidak akan mengalami kendala karena akses jalan sudah cukup baik untuk dilalui kendaraan.

"Kami berharap korban banjir yang belum terdata agar segera melapor ke posko-posko penanganan agar bantuan dapat tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat yang sedang dilanda bencana alam ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017