Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memprogramkan penanaman ribuan tanaman lada putih di kawasan perkantoran pemerintah provinsi, guna memperkenalkan dan melestarikan komoditas perkebunan khas daerah itu.

"Dalam waktu dekat ini kita akan menanam 2.300 batang lada putih dengan memanfaatkan lahan di sepanjang jalan jalur dua kawasan pemprov," kata Sekretaris Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Babel Zola di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan, lada putih itu sebagai ikon Provinsi Kepulauan Babel, sehingga para tamu pemerintah daerah yang berkunjung ke pemprov bisa melihat langsung tanaman lada putih tersebut.

Pihaknya akan menggunakan pohon palem di sepanjang jalur di kawasan kantor Gubernur babel untuk dijadikan sebagai tiang panjat tanaman lada putih.

"Dengan begitu, lingkungan perkantoran akan semakin hijau, asri dan sejuk," ujarnya.

Menurut dia, penanaman bibit lada putih tersebut akan digelar pada awal November 2018 atau di saat musim hujan, guna menunjang pertumbuhan tanaman khas daerah itu.

"Kita sudah menyediakan bibit unggul, pupuk dan sumber daya manusia untuk merawat tanaman lada ini," kata Zola.

Tidak hanya itu, Dinas Pertanian juga telah menyediakan lubang dan media lainnya untuk merealisasikan program Gubernur Kepulauan Babel dalam meningkatkan luas dan produksi lada putih tersebut.

"Mudah-mudahan dengan adanya program ini dapat memotivasi petani dalam mengembangkan usaha perkebunan lada putih ini dan juga memperkenalkan komoditas khas daerah ini para tamu dan wisatawan yang berkunjung ke daerah ini," katanya.  

Dekan Fakultas Pertanian UBB Tri Lestari mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan penanaman lada putih di kawasan pemprov itu, diantaranya kondisi tanah, unsur kimiawi tanah, dan tekstur tanam yang ada dilapangan, agar tanaman yang akan ditanam dapat tumbuh dengan baik, karena lokasi penanaman ada di jalur dua jalan umum.

"Dengan adanya program ini akan memberikan citra baik, dan masyarakat akan mengingat Bangka Belitung merupakan provinsi penghasil lada terbaik," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018