Puding Besar (Antaranews Babel) - Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meresmikan dan menyerahterimakan Ipal Komunal Perpipaan KSM Sinar Kenapa Desa Labu di Kecamatan Puding Besar.

"Ipal Komunal ini sangat penting terutama bagi masyarakat yang berada di kawasan padat penduduk, jika tidak ada Ipal Komunal akan menimbulkan dan rentan terjadinya permasalahan atau perselisihan antar masyarakat dan tentunya hal ini tidak kita inginkan," kata Bupati Bangka, Mulkan di Puding Besar, Senin.

Dia mengatakan kegiatan ini merupakan program SANIMAS (sanitasi berbasis masyarakat) tahun 2018, SANIMAS merupakan penyediaan prasarana air limbah bagi masyarakat.

Menurutnya dengan konsep pemberdayaan masyarakat menjadikan masyarakat aktor utama dalam proses perencanaan, pembangunan, operasional dan pemeliharaan fasilitas sanitasi komunal supaya fasilitas yang terbangun dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan.

"Kita harap yang direncanakan serta dibangun masyarakat juga dapat dijaga masyarakat demi kepentingan bersama," katanya.

Dikatakannya dalam proses pembangunan Ipal Komunal maupun sarana prasarana pedesaan lainnya harus mempertimbangkan berbagai hal terutama lokasi pembangunan, sehingga dalam pembangunan tidak terjadi permasalahan dengan kepentingan masyarakat.

Dia mengharapkan dengan adanya pembangunan Ipal Komunal ini sanitasi di kawasan pemukiman masyarakat Desa Labu akan semakin baik sehingga dapat tercipta lingkungan yang bersih dan sehat.

"Kami berharap dengan telah dibangunnya Ipal Komunal ini, kepada seluruh masyarakat Desa Labu agar dapat menjaganya secara bersama-sama, ini merupakan tanggung jawab kita bersama, mari kita jaga dan rawat bersama, " katanya.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018