Sungailiat, Babel (Antaranews Babel) - Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Arman Agus mengingatkan masyarakat di daerahnya untuk mewaspadai ancaman banjir.

"Saya ingatkan masyarakat terutama di daerah yang rawan banjir, untuk tetap mewaspadainya karena curah hujan merata hampir disemua tempat," katanya di Sungailiat, Minggu.

Ia mengatakan, cara pencegahan dari ancaman banjir yakni dengan peningkatkan kebersihan di saluran air agar tidak menumpuh sampah yang dapat menghambat aliran air.

"Segera buang sampah-sampah yang terdapat dialiran sungai karena salah satu penyebab terjadinya banjir adalah menumpuknya sampai dalam aliran air sehingga menghambat kelancaran air itu," katanya.

Menurutnya, kepedulian atau kesadaran masyarakat terhadap lingkungan disekitarnya berpengaruh besar terutama peningkatan kebersihan, kesehatan termasuk antisipasi ancaman banjir.

"Saya melarang masyarakat membuang sampah sembarangan di aliran sungai, buanglah sampah pada tempat yang disediakan," ujarnya.

Dia berharap, banjir yang terjadi beberapa waktu lalu yang merusak tidak terulang kembali, dan hal ini sepenuhnya harus didukung oleh seluruh masyarakat.

"Peran masyarakat disegala sektor berada pada posisi terpenting mendukung program pemerintah dalam upaya mewujudkan peningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Dia mengatakan, memasuki musim penghujan yang hampir terjadi merata di setiap daerah harus tetap diperhatikan karena dapat menimbulkan sejumlah masalah baru seperti munculnya penyakit dan lainnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018