Toboali, Babel (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tahun 2019 fokus untuk meningkatkan produksi ikan tangkap dan budidaya guna mencukupi kebutuhan masyarakat didaerah itu.

"Kemarin kami sudah rapat bersama bidang perikanan dan penyuluh perikanan lapangan terkait langkah kedepan untuk kemajuan perikanan Bangka Selatan," Kata Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Suhadi di Toboali, Jum'at.

Ia mengatakan tahap pertama yang akan dilakukan dalam meningkatkan produksi yakni melakukan sosialisasi dan pelatihan terhadap masyarakat.

"Untuk meningkatkan produksi ikan kami terus melakukan upaya dengan memberikan bantuan fasilitas bioflog dan sosialisasi serta pelatihan kepada masyarakat dengan target bertambah minat masyarakat untuk melakukan budidaya ikan," katanya.

Selain itu, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan juga memberikan bantuan benih dan tenaga penyuluh agar minat masyarakat untuk melakukan budidaya ikan semakin tinggi.

"Saat ini ada beberapa kelompok budidaya yang fokus mengembangkan budidaya ikan air tawar dengan sistem bioflog termasuk pesantren guna meningkatkan produksi, selain itu kami juga terus menumbuhkan minat masyarakat untuk membudidaya ikan melalui kegiatan percontohan budidaya ikan air tawar dan budidaya dilaut," katanya.

Ia mengatakan saat ini jumlah produksi ikan air tawar di Bangka Selatan masih minim dan belum mencukupi kebutuhan masyarakat, untuk itu pasokan ikan masih di datangkan dari pangkalpinang dan sekitarnya.

"Saat ini jumlah produksi budidaya ikan masih minim mas, untuk mencukupi itu kami masih mendatangkan dari luar daerah," katanya.

Pewarta: Eko Septianto Rasyim

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019