Toboali, Babel (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan mesin Ice Flake kepada Koperasi Produsen Harapan Bersama Tukak Sadai guna meningkatkan kesejahteraan nelayan di daerah itu.

"Bantuan yang kami salurkan ini satu unit mesin Ice Flake yang didapat dari Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan," Kata Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Suhadi di Toboali, Kamis.

Ia mengatakan dengan menggunakan mesin Ice Flake ini, setidaknya koperasi nelayan tersebut sudah bisa memproduksi batu es sebanyak 1,5 ton perhari.

"Pengelolaan mesin ini sepenuhnya diserahkan dan dikelola oleh koperasi secara utuh untuk mencukupi kebutuhan batu es nelayan setempat," katanya.

Menurut dia pada tahun 2018, hanya satu koperasi yang menerima bantuan mesin iice flake dari Kementrian Kelautan dan Perikanan.

"Kami harap koperasi yang dibantu dapay mengelola mesin tersebut dengan baik dan bertanggung jawab sehingga manfaatnya dirasakan masyarakat juga," katanya.

Ia berhap dengan hadirnya mesin Ice Flake ini dapat mempermudah mendapatkan es batu untuk nelayan saat melaut maupun didarat untuk menyimpan ikan.

"Yang jelas kami berharap hal ini dapat membantu peningkatan penghasilan nelayan karena pasokan es batu sudah mudah didapat," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019