Toboali, Bangka Selatan (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak masyarakat daerah itu, untuk memanfaatkan lahan tidur menjadi kebun tanaman holtikultura guna meningkatkan produksi pertanian di wilayah setempat.

"Pertanian holtikultura apabila digeluti dengan serius sangat menjanjikan karena selain meningkatkan produksi pertanian tanaman tersebut memiliki nilai ekonomis yang tinggi," Kata Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Suhadi di Toboali, Sabtu.

Menurut dia, kultur tanah di Bangka Selatan tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai pertambangan saja, namun ditangan masyarakat yang kreatif dan inovatif lahan non produktif bisa menjadi kebun holtikultura yang menjanjikan keuntungan yang lumayan.

"Sudah ada beberapa masyarakat Bangka Selatan yang berani berinovasi dan berhasil memanfaatkan lahan non produktif menjadi kebun holtikultura, untuk itu kami berharap hal ini dapat memacu motivasi warga lainnya," katanya.

Melalui tangan tangan inovator inilah lahan tidur "disulap" menjadi kebun pertanian holtikultura yang ada di Bangka Selatan semakin berkembang dan berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyatakat daerah itu.

"Lahan tidur bisa dipergunakan sebagai media untuk menanam, sehingga dengan adanya perluasan lahan dapat menambah pemasukan petani. Lahan tidur juga menjadi produktif, karena dimanfaatkan dan menjadikan wilayah tersebut menjadi lebih asri,” katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019