Tanjung Pandan, Babel (Antaranews Babel) - Perusahaan maskapai penerbangan Air Asia akan membuka rute penerbangan Kuala Lumpur - Belitung dalam waktu dekat guna mendukung kemajuan pariwisata di daerah itu.

Direktur Pemasaran PT Indonesia Air Asia, Rifai Taberi di Tanjungpandan, Selasa mengatakan dibukanya rute tersebut guna memperkenalkan pariwisata Belitung kepada dunia internasional.

"Kami melihat potensinya Belitung sangat besar karena di domestik Belitung sudah cukup terkenal dan popular sudah saatnya Belitung membuka diri kepada dunia internasional," ujarnya.

Ia mengatakan, selain dibukanya rute internasional itu Air Asia juga berencana membuka rute penerbangan domestik dari Belitung menuju Jakarta, Surabaya dan sebaliknya.

Rencananya, Air Asia akan mengoperasikan pesawat Airbus A320 kapasitas 180 penumpang dengan jumlah penerbangan Kuala Lumpur - Belitung dan Surabaya - Belitung sebanyak tiga kali dalam seminggu sedangkan rute Jakarta - Belitung akan beroperasi setiap hari.

"Rencana ini sudah mencapai 95 persen. Sekarang masih finalisasi, rotasi dan pengaturan slot juga membicarakan aspek teknisnya ke pihak Bandara dan Air Nav begitu sudah final nanti akan kami umumkan,"ujarnya.

Dikatakannya, saat ini Air Asia sudah menghubungkan 15 Kota di Indonesia seperti Palembang, Pekanbaru, Solo, Jakarta hingga Ujung Pandang melalui penerbangan internasional ke beberapa negara di Asia Selatan.

Ia menyebutkan, Air Asia tetap berkomitmen memberikan penerbangan dengan biaya murah kepada pelanggannya guna menstimulasi pasar dan membantu pemerintah daerah dalam mengembangkan ekonomi.

"Saya melihat komitmen dari masyarakat Belitung terhadap pariwisata sangat luar biasa jika itu tetap dijaga maka pariwisata di Belitung akan berkembang," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019