Jumat, 22 September 2017

Pemerintah Pastikan Mudik 2017 Aman dan Nyaman

id mudik
Pemerintah Pastikan Mudik 2017 Aman dan Nyaman
ilustrasi - Penumpang yang ingin mudik. (Foto Antara)
Jakarta (Antara Babel) - Pemerintah memastikan momentum mudik hari raya Idul Fitri 1438 H atau Lebaran 2017 aman dan nyaman bagi para pemudik.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Pudji Hartanto, dalam diskusi "Persiapan Mudik yang Aman dan Nyaman" di Jakarta, Jumat, mengatakan, mereka berkoordinasi dengan kementerian/lembaga lain untuk mempersiapkan arus mudik dan arus balik yang lebih baik tahun ini.

"Yang penting para pemudik dapat aman, nyaman, selamat sampai di tujuan sehingga kita harus mempersiapkan beberapa hal yang berkaitan dengan masalah infrastruktur, moda transportasi juga mempersiapkan operator dan pengemudi," katanya.

Dia menuturkan, salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan untuj semua moda transportasi mulai dari darat, laut dan udara.

Dia juga memberikan pembinaan kepada pengemudi dan operator angkutan guna menghindari risiko kecelakaan saat melaksanakan tugas.

"Kami juga menyediakan fasilitas mudik gratis yang baik melalui kereta api, diangkut sepeda motornya menggunakan truk, dan menggunakan bus dan menggunakan kapal," katanya. 

"Kami tahun ini juga menyediakan mudik gratis menggunakan kapal roll on roll off (RORO) dari Jakarta, Surabaya dan Semarang," katanya.

Kementerian Perhubungan memperkirakan puncak arus mudik Lebaran akan terjadi pada H-2 dan H-1 (23-24 Juni 2017). Namun, posko terpadu mulai dibuka H-10 (15 Juni 2017) hingga H+15 (11 Juli 2017).

Editor: Riza Mulyadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga