Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan ratusan kartu identitas ternak guna mempermudah para peternak dalam mendapatkan pelayanan kesehatan hewan di daerah itu.

"Hari ini launching kartu ternak dan pelayanan kesehatan hewan terpadu yang dilaksanakan secara terpusat di Desa Panca Tunggal Kecamatan Pulau Besar Kabupaten Bangka Selatan," kata Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DPPP) Kabupaten Bangka Selatan, Suhadi di Toboali, Kamis.

Menurut dia, pada tahap pertama ini rencananya DPPP akan menyalurkan sebanyak 500 kartu identitas ternak secara serentak.

"Untuk tahap pertama ini kami bagikan untuk 500 ekor sapi, namun kedepan rencananya seluruh ternak wajib punya kartu identitas ternak kami keluarkan dan kuotanya akan ditambah secara bertahap seuai jumlah hewan ternak yang ada di Bangka Selatan," katanya.

Pemberian kartu identitas ternak terhadap sapi yang ada di daerah itu merupakan inovasi yang dilakukan oleh Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan guna mempermudah identifikasi dan memberikan pelayanan kesehatan hewan.

"Manfaat kartu identitas ternak ini adalah untuk mempermudah petugas kesehatan hewan dalam memberikan pelayanan," katanya.

Selain itu, melalui program ini dapat mempermudah peternak mengetahui riwayat medis hewan ternak, termasuk kesehatan, status perkawinan umur hewan ternak tersebut, sehingga petugas bisa cepat memberikan saran dan pelayanan ketika ternak tersebut mengalami sakit atau perlu penangan.

Dengan demikian peternak akan mudah dan cepat mengetahui kondisi ternaknya dan cepat minta bantuan penanganan atas kasus ternaknya.

Tidak hanya itu, peternak juga dapat mengetahui kondisi hewan ternak yang dimilikinya dalam keadaan bunting atau tidak.

"Yang jelas kami dari pemerintah akan terus berupaya mempermudah masyarakat, khsususnya peternak mendapatkan pelayanan khsususnya pemeliharaan hewan ternak yang berimbas pada peningkatan kesejahteraan para peternak Bangka Selatan," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019