Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membangun saluran sawah atau 'Longe Storange' guna meningkatkan pembangunan insfratruktur, khsususnya areal persawahan yang ada di daerah itu

"Tahun 2019, Kami dibantu Kementerian Pertanian rencananya akan membangun membangun saluran di areal persawahan, " kata Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan, Suhadi di Toboali, Selasa.

Menurut dia, pembangunan Long Storange ini dilakukan dengan tujuan sebagai penampung air dilaka musim hujan dan sebagai cadangan air di saat kemarau.

"Long storange ini selain berfungsi menampung air hujan, petani juga memiliki cadangan air untuk mengairi sawah ketika memasuki musim kemarau," katanya.

Sekertaris Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Rizal mengatakan pembangunan saluran sawah ini rencananya akan dilaksanakan di enam desa yang ada di Kabupaten Bangka Selatan.

"Saluran sawah ini rencananya akan kami bangun di enam desa, yakni di Desa Batu Betumpang, Desa Ranggung, Desa Nadung, Desa Gadung dan Desa Penutuk serta Desa Tanjung Sangkar," katanya.

Pembangunan saluran sawah ini rencananya akan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK)  dan akan kerjakan dengan sistem swakelola oleh petani.

"Hari ini kami telah melaksanakan rapat dengan seluruh ketua Gapoktan guna melakukan persiapan sebelum pelaksanaan pembangunan saluran sawah," katanya.

Pewarta: Eko Septianto Rasyim

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019