Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pastikan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang dititipkan di Brigade Alsintan dalam keadaan normal dan siap digunakan oleh petani.

"Alsintan yang dititipkan di Brigade Alsintan kondisinya normal dan siap digunakan apabila petani ingin meminjam mesin tersebut," Kata Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Bangka Selatan, Suhadi di Toboali, Senin.

Ia mengatakan ketika kelompok tani baik itu gabungan kelompok tani (gapoktan) atau usaha pelayanan jasa Alsintan (upja) ingin meminjam alat-alat pertanian, pihaknya selalu memberikan alat yang baik dan siap digunakan.

"Kami harapkan kepada peminjam ketika melakukan pengajuan peminjaman dapat mengembalikan Alsintan dengan keadaan yang fit sama seperti ketika kami pinjamkan," katanya.

Ia menjelaskan setiap Alsintan yang dipinjam oleh petani jika dikembalikan dalam keadaan rusak, maka yang melakukan peminjaman harus bertanggung jawab memperbaikinya terlebih dahulu dan ini sudah menjadi prosedur yang diterapkan.

"Dengan prosedur yang seperti ini, kami berharap para peminjam dapat bertanggungjawab dengan alat yang digunakan dengan kesadaran bersama,"katanya.

Ia menjelaskan anggaran perawatan Alsintan pihaknya telah memiliki pagu tersendiri untuk peremajaan Alsintan selama tersimpan di Brigade Alsintan.

"Selama Alsintan masih berada di Brigade Alsintan yakni di Dinas Pertanian, Kami telah menyiapkan anggaran untuk melakukan perawatan mesin tersebut," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019