Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil meraih predikat terbaik pertama dalam kinerja penyaluran dana alokasi khusus (DAK) fisik tahun 2019.

"Prestasi dengan predikat terbaik pertama dari seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," kata Bupati Bangka, Mulkan di Sungailait, Jumat.

Dikatakan, penghargaan dengan predikat terbaik pertama diberikan langsung oleh Direktorat Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI sebagai apresiasi hasil kinerja Pemerintah Kabupaten Bangka dalam merealiasasikan DAK fisik tersebut.

Beberapa parameter kinerja yang menjadi penilaian meliputi konsistensi Pelaksanaan Kontrak, Pencapaian Output program atau kegiatan dan Ketepatan sasaran program atau kegiatan dan konsistensi pelaporan monitoring dan evaluasi (Monev) progres fisik dan keuangan.

Laporan Monev pelaksanaan kegiatan DAK fisik dilakukan melalui verifikasi faktual di lapangan melalui sistem aplikasi," katanya.

"Alokasi kegiatan DAK fisik Tahun 2019 dikonsentrasikan untuk beberapa sektor strategis baik untuk DAK reguler, DAK penugasan maupun DAK Afirmasi seperti bidang Pendidikan, Kesehatan, Sanitasi dan sarana umum lainnya," jelasnya.

Dikatakan, keberhasilan diraihnya penghargaan ini tidak lepas dari peran dan komitmen bersama yang telah bekerja optimal menjalankan fungsi masing-masing sesuai visi dan misi Bangk Setara.

"Alhamdulillah, prestasi ini akan terus kami tingkatkan dan dipertahankan tetap mengedepankan kebersamaan dan kekompakan antar organisasi perangkat daerah," jelasnya.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019