Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan akan mengucurkan Rp52 miliar anggaran dana desa kepada 50 desa yang ada di daerah itu selama tahun 2020.

"Tahun 2020 ini anggaran dana desa untuk 50 Desa di Bangka Selatan mencapai Rp52 miliar," kata Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Selatan, Herman di Toboali,  Minggu.

Ia mengatakan rencananya anggaran dana desa ini akan langsung di transfer ke masing masing rekening desa secara bertahap.

"Secara teknis penyaluran dana desa akan dikirimkan secara langsung oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia ke rekening desa yang bersangkutan," kata dia.

Ia menjelaskan sebelum ADD dicairkan Bakuda Bangka Selatan akan mengupload Dokumen pencairan termasuk surat kuasa dari Bupati Bangka Selatan melalui Aplikasi Onlines Monitoring SPAN (OMSPAN).

"Setelah diupload Kemenkeu akan langsung mengirim ADD ke rekening desa," kata dia.

Ia mengatakan pada tahun 2020, ini Dana Desa akan disalurkan dengan dua tahap.  Hal ini berbeda dari beberapa tahun sebelumnya karena pemerintah pusat menilai penyaluran dana desa bangka selatan pada tahun lalu sangat baik.

"Penyaluran dana desa dua tahap ini merupakan reward dari pemerintah pusat karena mereka menilai tahun lalu kita sangat baik dalam melakukan penyaluran dana desa," kata dia.

Selain itu,  Herman juga mengatakan untuk besaran dana desa yang diterima masing masing desa berbeda dan disesuaikan dengan luas wilayah, kondisi perekonomian yang masih miskin dan sebagainya.

"Untuk besaran nilai ADD yang diterima masing masing desa yang ada di Kabupaten Bangka Selatan itu tidak sama, ada yang di atas Rp500 juta dan ada juga yang menerima hingga Rp2,5 miliar bahkan lebih," kata dia.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020