Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan tes cepat terhadap para pedagang di Pasar Modern Koba dalam rangka mendeteksi penyebaran virus corona jenis baru (COVID-19) di daerah itu.

"'Rapid test' (tes cepat) ini kami lakukan pada beberapa titik, termasuk di kalangan pedagang pasar," kata Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Tengah Ibnu Saleh di Koba, Rabu.

Baca juga: MBK Bangka Tengah manfaatkan beras lokal bantu lansia

Baca juga: Pemkab Bangka Tengah segera cairkan THR pegawai honorer

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Bangka Tengah sudah melakukan pemeriksaan dengan perangkat tes cepat terhadap 99 pedagang di Pasar Modern Koba.

"'Rapid test' akan kami laksanakan pada beberapa titik yang tersebar di Bangka Tengah, termasuk rumah ibadah dan tempat keramaian lainnya," ujarnya.

Ibnu Saleh yang memantau  tes cepat tersebut, mengatakan bahwa tes cepat dilakukan untuk memudahkan tim dalam bekerja mencegah penyebaran virus corona baru itu.

"Dari hasil 'rapid test' tersebut, tim bisa melakukan tindakan cepat dan upaya antisipasi dini dalam memutus mata rantai penyebaran virus," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ibnu Saleh mengimbau warga tetap mematuhi imbauan dan anjuran pemerintah untuk tetap menjaga jarak dan menghindari keramaian.

"Tetap jaga jarak, membiasakan hidup bersih, menggunakan masker dan selalu mencuci tangan. Setidaknya pola demikian mampu mencegah penyebaran virus," ujarnya.

Baca juga: Tim Gugus Tugas COVID-19 Bangka Tengah umumkan pasien OTG negatif
 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020