Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membantu menyosialisasikan rencana penerapan normal baru agar masyarakat semakin disiplin menjalankan aturan kesehatan yang berlaku.

"Kesadaran masyarakat untuk disiplin menerapkan aturan kesehatan seperti yang sudah diinstruksikan pemerintah perlu mendapatkan dukungan dari seluruh pihak agar bisa bersama-sama mencegah penularan virus Corona jenis baru (COVID-19) di daerah ini," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah di Mentok, Senin.

Menurut dia, sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat perlu terus dilakukan, baik dengan pola tatap muka langsung maupun melalui media sosialisasi.

"Kami melakukan imbauan dengan menitikberatkan pada pola penegakan disiplin dan pelaksanaan protokol kesehatan, kami juga berharap instansi lain melakukan sosialisasi sesuai bidang masing-masing agar warga semakin sadar pentingnya mencegah penularan virus tersebut," tuturnya.

Ia menjelaskan, pada sosialisasi penegakan disiplin tatanan kehidupan normal baru tersebut, pihaknya menyasar sejumlah warga yang berkumpul di Pasar Ikan Mentok, warung kopi, pusat perbelanjaan dan terminal bus.

Mereka diberikan pemahaman pentingnya menjaga pola hidup bersih dan sehat sekaligus beberapa langkah imbauan hingga penindakan yang kemungkinan akan diambil pemerintah jika terjadi pelanggaran.

Kapolres Fedriansah mengimbau, agar seluruh instansi terkait bisa bahu-membahu memberikan pemahaman kepada masyarakat agar bisa menjalankan aturan tatanan normal baru.

"Masyarakat kami ajak untuk menggali sebanyak mungkin informasi yang benar mengenai pola baru tersebut sehingga bisa mematuhi kebijakan penerapan protokol kesehatan saat beraktivitas," katanya.

Menurut dia, kebijakan penerapan normal baru diambil pemerintah untuk membuka kembali aktivitas ekonomi, sosial dan kegiatan publik secara bertahap dan terbatas dengan menggunakan standar kesehatan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020