Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan berharap keberadaan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) didaerahnya mampu membantu pemerintah dalam penanganan penyerapan tenaga kerja.

"Saya menaruh harapan pengusaha muda yang tergabung dalam wadah HIPMI mampu membantu penyerapan tenaga kerja," katanya di Sungailiat, Rabu, saat membuka musyawarah cabang IV BPC HIPMI Bangka.

Baca juga: Bupati Bangka berikan peluang pengembangan sektor pariwisata

Meskipun jumlahnya tidak dominam, kata bupati, selama pandemi COVID-19 yang terjadi beberapa bulan terakhir berdampak pada ratusan karyawan yang terpaksa dirumahkan bahkan terdapat yang diputus hubungan kerja.

"Penanganan permasalahan pengangguran harus dilakukan bersama-sama antara pemerintah dan swasta sebagai pemberi kerja," katanya.

Baca juga: Bupati Bangka salurkan 100 paket sembako bagi santri

Pada sektor penyedia perumahan atau properti kata bupati, mengalami peningkatan yang cukup baik yang dikembangkan oleh pihak swasta.

"Hampir setiap tahunnya, terdapat ratusan unit rumah yang ditawarkan oleh pengembang untuk masyarakat semua lapisan. Peningkatan ini hendaknya juga harus diimbangi dengan jumlah penyerapan tenaga kerja," jelasnya.

Bupati mendorong pengusaha muda di daerahnya, berada di depan dalam mendukung peningkatan ekonomi masyarakat di tengah pandemi COVID-19.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020