Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menerapkan skema Tempat Pemungutan Suara (TPS) sehat di Pilkada Serentak 9 Desember 2020.

"Skema TPS sehat ini kami siapkan menyesuaikan dengan situasi daerah yang sedang dilanda pandemi virus corona baru," kata Divisi Teknis KPU Bangka Tengah Mahendra Juliansyah di Koba, Minggu.

Ia menjelaskan, skema TPS sehat juga dalam rangka menumbuhkan rasa aman bagi warga yang datang menggunakan hak suaranya di TPS.

"Skema TPS yang dipersiapkan pihak KPU yaitu semua alat perlengkapan di TPS memperhatikan jarak minimal satu meter," ujarnya.

Semua petugas KPPS, kata dia, menggunakan alat pelindung diri (kecuali baju) dan demikian juga dengan petugas keamanan.

"Jumlah bangku yang disediakan di dalam TPS sebanyak maksimal sembilan unit, sistem pencoblosan dengan memanggil nama pemilih dan sistem antrian," ujarnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat tidak perlu khawatir datang ke TPS pada 9 Desember 2020, karena pihaknya sudah mempersiapkan dan mempertimbangkan secara matang terkait ancaman kesehatan warga di tengah pandemi virus corona baru.

"Kami menerapkan protokol kesehatan COVID-19 yang sangat matang saat hari pencoblosan, semua petugas menggunakan masker, sarung tangan dan tetap menjaga jarak," ujarnya.

Sementara itu, Pilkada Kabupaten Bangka Tengah diikuti dua pasangan calon yaitu Algafry Rahman-Herry Erfian dan pasangan Didit Srigusjaya-Korari Suwondo.

Algafry Rahman-Herry Erfian diusung tujuh partai politik yaitu Golkar, NasDem, Gerindra, PPP, PAN, PKS dan PKB. Sedangkan pasangan Didit Srigusjaya-Korari Suwondo diusung dua partai politik yaitu PDIP dan Partai Demokrat.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020