Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sampai saat ini belum menerima laporan mengenai kejadian ikutan pasca-imunisasi COVID-19.

"Pada tahap pertama sekitar 1.300 orang petugas kesehatan sudah disuntik vaksin dua kali dan sampai saat ini tidak ditemukan kejadian ikutan pascaimunisasi yang serius," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat M. Putra Kusuma di Mentok, Selasa.

Ia mengatakan, warga tidak perlu ragu menjalani vaksinasi COVID-19 karena vaksin yang digunakan sudah terbukti aman berdasarkan hasil uji klinis.

Petugas kesehatan, ia melanjutkan, juga akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan warga yang akan menjalani vaksinasi memenuhi syarat untuk mendapat suntikan vaksin.

"Para petugas juga akan melakukan pemeriksaan awal kepada para calon penerima, jika tidak memenuhi syarat tidak akan disuntik vaksin. Ini merupakan salah satu bentuk kehati-hatian untuk memastikan suntikan vaksin aman," katanya.

Ia berharap masyarakat Bangka Barat mendukung program vaksinasi yang dijalankan oleh pemerintah untuk mengendalikan penularan COVID-19.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021