Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Mahasiswa Hukum Indonesia (Permahi) Bangka Belitung bersama Komisi Informasi Daerah (KID) Provinsi setempat akan menggencarkan sosialisasi pentingnya keterbukaan informasi publik untuk kepentingan masyarakat.

"Masyarakat memiliki hak mendapatkan informasi yang jelas dan akurat dari seluruh lembaga pelayanan publik, kami akan terus mendorong agar masyarakat semakin paham alur mendapatkan informasi sesuai dengan aturan yang berlaku," kata Ketua DPC Permahi Babel Faiz Fauzan di Pangkalpinang, Rabu.

Untuk menguatkan perencanaan berbagai kegiatan yang akan dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mendapatkan hak keterbukaan informasi publik, Permahi Babel telah melakukan kerja sama dengan KID Babel.

"Hari ini kami melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan pengurus KID Babel agar ke depan berbagai kegiatan yang dilakukan bisa berjalan dengan baik, terarah dan terukur untuk kepentingan masyarakat," katanya.

Dalam rangkaian kegiatan yang digelar di Pangkalpinang tersebut, juga dipaparkan mekanisme alur penyelesaian sengketa informasi publik yang pernah disidangkan di KID.

Menurut Faiz, poin penting kesepakatan bersama Permahi dengan KID Babel adalah usaha bersama seluruh kader Permahi Babel dengan KID untuk meningkatkan pemahaman di bidang keterbukaan informasi publik dan mampu membangun kesadaran akan pentingnya keterbukaan informasi publik bagi masyarakat.

Menurut dia, seluruh kader Permahi akan selalu siap menjadi garda terdepan dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya keterbukaan informasi publik bagi kesejahteraan masyarakat.

"Langkah selanjutnya, kami akan menyelenggarakan berbagai pelatihan, seminar atau workshop kepada mahasiswa dan juga kepada masyarakat," katanya.

Melalui berbagai kegiatan itu diharapkan masyarakat semakin paham alur untuk mendapatkan hak memperoleh informasi dan juga memahami alur yang harus dilakukan jika informasi yang diinginkan tidak diberikan oleh lembaga pelayanan publik.

"Dengan adanya pemahaman alur mendapatkan pelayanan keterbukaan informasi itu kami harapkan ke depan warga di Babel semakin cerdas dan mudah mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ketua Komisi Informasi Daerah Babel Syawaluddin menyampaikan harapan besar kepada Permahi Babel untuk menjadi garda terdepan dan menjadi penyaluran informasi dalam meningkatkan pemahaman kepada masyarakat.

"Masyarakat butuh penyadaran pentingnya keterbukaan informasi publik yang nantinya akan bermanfaat dalam meningkatkan kesejahteraan, contohnya keterbukaan informasi bantuan langsung tunai (BLT), transparansi dana desa dan lainnya," kata Syawaluddin.

Sebagai organisasi mahasiswa, Permahi akan terus didorong agar semakin giat terjun langsung ke tengah masyarakat dengan memberikan edukasi keterbukaan informasi publik.

"Kesepakatan bersama KID dengan Permahi Babel akan ditindaklanjuti dengan kerja sama dalam bentuk kegiatan bersama, bisa berbentuk pelatihan-pelatihan yang diberikan oleh KID mengenai keterbukaan informasi publik kepada mahasiswa atau langsung ke masyarakat Bangka Belitung," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Irwan Arfa


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021