Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mematangkan rencana pembangunan Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) di Muara Sungai Batu Rusa untuk mendorong aktivitas nelayan dalam meningkatkan hasil tangkapan dan kesejahteraan masyarakat daerah itu.

"Pelabuhan ini akan dilengkapi berbagai fasilitas, seperti Tempat Pelelangan Ikan (TPI) moderen, kantor sentra bisnis, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), outdoor foodcourt, kios, dan gudang," kata Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan untuk mempercepat pembangunan Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) moderen di Muara Sungai Batu Rusa di Kota Pangkalpinang ini, Pemprov Kepulauan Babel bersama instansi terkait lainnya telah melakukan rapat koordinasi untuk melakukan pendataan secara terperinci dimulai dari peta lokasi hingga rencana fasilitas di pelabuhan tersebut.

"Kita telah membahas hal-hal yang lebih spesifik seperti konstruksi bangunan, fasilitas air bersih, akses jalan, lokasi galangan kapal, hingga akses penerangan," ujarnya.

Selain itu, pihaknya meminta mitra untuk menghadirkan solar cell sebagai penerangan di Pelabuhan Perikanan Pantai Batu Rusa ini untuk memudahkan nelayan mendapatkan bahan bakar minyak kapal.

"Saya telah menginstruksikan kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Babel untuk segera menyelenggarakan Rapat Terintegrasi dengan melibatkan pihak seperti Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Kejaksaan, Kepolisian yang bertujuan agar tidak ditemukan masalah di kemudian hari," katanya.

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Babel, Arief Febriyanto mengatakan grand desain terkait Detail Engineering Design (DED) pembangunan Pelabuhan Perikanan Pantai telah disepakati dan sudah sesuai dengan konsep yang direncanakan.

"Nanti kami akan melakukan rapat terintergrasi, apabila tidak ada kendala, rencana pembangunan dimulai pada bulan Juni atau Juli 2021," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021