Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyosialisasikan program desa peduli pemilu dan pemilihan, dalam rangka memberikan pendidikan politik dan meningkatkan partisipasi pemilih.

"Ini program KPU RI yang diteruskan ke seluruh daerah dalam rangka menyongsong pemilu serentak pada 2024," kata Ketua KPU Bangka Tengah, Rusdi di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, program desa peduli pemilu dan pemilihan ini dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pentingnya menggunakan hak pilih untuk mendapatkan pemimpin yang baik demi masa depan daerah yang baik pula.

"Pendidikan politik melalui program desa peduli pemilu dan pemilih ini kita lakukan secara masif dan berkesinambungan," ujarnya.

Ia mengatakan, pihak KPU Bangka Tengah sudah melaksanakan kegiatan sosialisasi desa peduli pemilu dan pemilihan sebanyak tiga kali di Desa Celuak, Beluluk dan Desa Batu Beriga.

"Tujuan akhir dari program ini tentu memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang kepemiluan, sehingga muncul kesadaran dan kepedulian terhadap pesta demokrasi yang jujur dan adil," ujarnya.

Ia juga mengatakan, sosialisasi program desa peduli pemilu tidak hanya untuk meningkatkan partisipasi pemilih tetapi juga mengajak masyarakat untuk menolak politik uang dan politik hitam.

"Kami minta dukungan pemerintah daerah terkait dengan ketersediaan anggaran untuk melaksanakan program ini," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021