Satuan Tugas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menambah 20 tim vaksinator guna mempercepat pencapaian kekebalan kelompok.

"Penambahan tim ini kami harapkan bisa mempercepat pemenuhan target minimal 70 persen dari 157. 934 orang sasaran vaksinasi COVID-19 sehingga terbentuk kekebalan kelompok di daerah ini," kata Juru Bicara Satgas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, M. Putra Kusuma di Mentok, Sabtu.

Penambahan sebanyak 20 tim vaksinator tersebut melibatkan sebanyak 119 orang tenaga kesehatan dari beberapa unit fasilitas kesehatan di daerah itu dibantu para relawan.

"Sudah kita lakukan penambahan 20 tim sehingga keseluruhan menjadi 42, selanjutnya mereka akan aktif bergerak di tempat-tempat yang sudah direncanakan untuk memberikan pelayanan vaksinasi COVID-19," katanya.

Saat ini, Pemkab Bangka Barat sudah melakukan perubahan strategi dalam pelayanan vaksinasi COVID-19, dari sebelumnya statis di unit-unit pelayanan kesehatan, saat ini langsung hadir di tengah masyarakat di desa-desa dan sekolah-sekolah.

Selain itu, kata dia, sesuai arahan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat dalam upaya percepatan terus dilakukan, salah satunya dengan menambah jumlah gerai vaksinasi hingga 20 lokasi setiap harinya.

"Pemkab bersama TNI dan Polri juga terus melakukan edukasi dan promosi untuk meningkatkan partisipasi warga ikut vaksinasi sehingga mempercepat akselerasi pencapaian kekebalan kelompok atau herd immunity," katanya.

Putra menambahkan, dalam empat hari terakhir jumlah warga yang mengikuti vaksinasi COVID-19 terus meningkat, bahkan melebihi target 2.196 dosis per hari.

"Ketersediaan vaksin saat ini sudah cukup baik dan distribusi lancar sehingga pencapaian target harian selalu tinggi. Bersamaan dengan upaya percepatan pemenuhan target kekebalan kelompok ini kami harapkan masyarakat tetap patuh menjalankan protokol kesehatan untuk meminimalkan risiko penularan virus," katanya.

Berdasarkan data 8 September 2021, jumlah warga Bangka Barat yang sudah mendapatkan pelayanan suntik vaksin COVID-19 sebanyak 44.932 orang atau sekitar 28,4 persen dari jumlah sasaran 157. 934 orang. Dari sebanyak 44.832 orang tersebut 3.897 orang di antaranya dari kelompok pelajar atau anak usia 12 hingga 18 tahun.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021