Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membagikan bantuan puluhan paket sembako berisi bahan pangan pokok kepada warga Mentok yang membutuhkan.

"Kami berharap kepedulian para personel Polres Bangka Barat ini bisa bermanfaat dan benar-benar tepat sasaran dalam meringankan beban warga dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Agus Siswsanto di Mentok, Minggu.

Selama pandemi COVID-19, banyak warga yang merasakan dampaknya, terutama warga yang berpenghasilan dari kerja harian karena pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Pembagian bantuan bahan pangan pokok oleh personel Kepolisian itu dilakukan dengan mendatangi rumah penerima manfaat guna mengurangi kerumunan.

"Sejak pandemi COVID-19, kami secara rutin menyalurkan bantuan kepada warga yang membutuhkan, termasuk warga pelosok di wilayah hukum Polres Bangka Barat," katanya.

Guna menghindari terjadinya tumpang tindih penerima bantuan, para personel Bhabinkamtibmas bekerja sama dengan perangkat desa dan kelurahan yang sebelumnya telah melakukan pendataan warga yang membutuhkan dan belum menerima bantuan dari program lain. "Kami ingin bantuan tepat sasaran dan merata," ujarnya.

Selain membagikan bantuan bahan pangan, personel juga membagikan masker kepada warga yang kebetulan dijumpai dan kedapatan tidak memakai masker.

"Kami juga memberikan sosialisasi protokol kesehatan 5M dan selalu mengingatkan kepada warga agar patuh dan disiplin menjalankan aturan kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah," ujarnya.

Selain memberikan bantuan kepada warga, katanya, setiap Jumat pihaknya juga menggelar safari dan penyuluhan kepada warga dari masjid ke masjid.

Dalam pertemuan dengan jamaah masjid tersebut, polisi mengajak seluruh pengurus masjid ikut membantu dan mendukung upaya bersama dalam penanggulangan pandemi ini.

"Kami juga memberikan bantuan kepada pengurus dan jamaah masjid, baik berupa bahan pangan, masker, maupun perlengkapan pendukung penerapan protokol di rumah ibadah," katanya.

Terakhir kali dilaksanakan pertemuan dengan jamaah dan pengurus Masjid Jami' Mentok dengan melibatkan seluruh pejabat utama Polres Bangka Barat, Polsek jajaran dan anggota.

"Pada kesempatan itu, selain membagikan 50 paket sembako dan masker, kami juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan program vaksinasi COVID-19 yang saat ini sedang digiatkan pemerintah guna membangun kekebalan kelompok," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021