Kepolisian Resor Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, membantu upaya percepatan vaksinasi COVID-19 guna membentuk kekebalan kelompok.

"Hari ini sudah disiapkan sebanyak 3.180 dosis vaksin, baik untuk penerima vaksin dosis pertama maupun dosis kedua yang dilayani di 19 gerai serbuan vaksinasi," kata Wakapolres Bangka Barat Kompol Johan Wahyudi di Mentok, Bangka Barat, Kamis.

Menurut dia, fasilitasi Polres Bangka Barat terhadap serbuan vaksinasi tersebut merupakan bentuk dukungan dan pendampingan agar tim vaksinator bisa lebih mudah menjangkau warga.

"Selain memberikan pelayanan di unit pelayanan kesehatan, seperti puskesmas dan rumah sakit, kami juga telah menyiapkan tim vaksinator bergerak yang memberikan pelayanan hingga tingkat dusun dan masuk ke sekolah-sekolah," katanya.

Tim vaksinator bergerak tersebut terus memberikan pelayanan kepada warga dengan pola jemput bola hingga ke dusun-dusun, seperti yang dilakukan hari ini oleh tim di wilayah Kelurahan Keranggan, Kecamatan Mentok.

Kegiatan vaksinasi yang bekerja sama dengan petugas vaksinasi dari RSUD Sejiran Setason, Puskesmas Mentok dan Dokkes Polres Bangka Barat dilakukan secara serentak dengan sasaran warga yang belum divaksin dosis satu maupun dua.

"Hari ini juga kami lakukan vaksinasi kepada kelompok warga lanjut usia yang kebetulan berada di sekitar lokasi gerai, mereka cukup terbantu mendapatkan vaksinasi karena jarak dengan Puskesmas dan rumah sakit cukup jauh," katanya.

Selain memberikan layanan vaksinasi, tim juga memberikan sosialisasi dan edukasi langkah pencegahan COVID-19, seperti memakai masker, menjaga jarak, tidak berkerumun dan mencuci tangan sebelum memasuki gerai vaksin.

"Polri sepenuhnya mendukung program vaksinasi COVID-19 agar tercipta kekebalan kelompok dan bisa mempercepat penguatan ekonomi serta warga semakin produktif," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021