Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggiatkan patroli hingga pelosok guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan digelar pada 26 Oktober 2022.

"Dalam beberapa hari terakhir kita terus melakukan patroli keliling dan hadir di tengah masyarakat untuk memberikan rasa aman dan nyaman menjelang pelaksanaan pemungutan suara," kata Kepala Polsek Tempilang Iptu A. Mukhlis di Bangka Barat, Rabu.

Dia menjelaskan, patroli tidak hanya dilaksanakan dengan mendatangi lokasi-lokasi yang dianggap rawan, namun juga melaksanakan pola pencegahan dengan datang langsung ke tokoh masyarakat, pemuka agama, pemangku adat dan para calon peserta pilkades.

"Kami memiliki kewajiban tugas untuk mengawal, menjaga, dan mengamankan penyelenggaraan pilkades serentak ini, mulai dari awal hingga selesai tahapan," katanya.

Menurut dia, sejauh ini situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Polsek Tempilang masih kondusif dan masyarakat tetap bisa beraktivitas seperti biasa.

"Kami tekankan kepada seluruh anggota untuk selalu menjalin komunikasi dan membangun sinergisitas serta memberikan imbauan kamtibmas kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mewujudkan pilkades serentak 2022 ini dapat berjalan dengan lancar, transparan, dan sesuai aturan yang berlaku," katanya.

Selain menjalin hubungan dengan masyarakat, para personel juga ditugaskan untuk membangun komunikasi dan koordinasi dengan para personel TNI dan petugas keamanan dari Pemkab Bangka Barat agar mampu memberikan pelayanan, perlindungan, dan pengayoman.

"Kepada para pendukung calon kepala desa kami minta untuk saling menahan diri jangan sampai terjadi gesekan. Jadikan pilkades ini sebagai pesta demokrasi yang menggembirakan," katanya.

Pada situasi seperti saat ini, warga juga perlu membangun kewaspadaan dari diri masing-masing agar tidak mudah terpengaruh upaya oknum tidak bertanggung jawab yang coba membuat kegaduhan suasana.

"Tetap waspada, jaga persatuan dan utamakan kesantunan," ujarnya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Irwan Arfa


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022