Capaian layanan vaksinasi pertama Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berhasil melampaui ketetapan target nasional.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka Budiyanto melalui keterangan yang diterima di Bangka, Jumat mengatakan capaian pemberian vaksin pertama PMK sebanyak 1.826 ekor sapi atau 80 persen dari target populasi 2.220 ekor sapi.

"Realisasi capaian vaksin pertama PMK tersebut sudah melampaui target nasional yang ditetapkan hanya sebanyak 1.800 ekor sapi," jelasnya.

Sementara layanan vaksin kedua PMK, lanjutnya, adalah dengan jumlah target sasaran populasi sapi yang sama tercapai 1.095 ekor sapi.

Berdasarkan data informasi vaksin PMK Kabupaten Bangka, di Kecamatan Sungailiat sebanyak 308 ekor sapi sudah mendapat suntik vaksin pertama dan 225 ekor sapi vaksin kedua, di Kecamatan Merawang sebanyak 220 ekor sapi mendapat vaksin pertama dan 91 ekor sapi vaksin kedua.

Kemudian, di Kecamatan Riau Silip sebanyak 220 ekor sapi sudah mendapat vaksin pertama dan 180 ekor sapi mendapat vaksin kedua, Kecamatan Belinyu 207 ekor sapi suntik vaksin pertama serta 92 ekor sapi sudah mendapat vaksin kedua.

Selanjutnya, di Kecamatan Pemali sebanyak 285 ekor sapi suah mendapat vaksin PMK pertama dan 192 ekor sapi mendapat vaksin kedua, serta di Puding Besar 73 ekor sapi vaksin pertama dan 12 ekor sapi sudah mendapat suntik vaksin kedua.

Mendo Barat sebanyak 271 ekor sapi memperoleh vaksin pertama dan 124 ekor sapi sudah divaksin kedua, serta di Kecamatan Bakam sebanyak 242 ekor sapi mendapat suntik vaksin pertama serta 170 ekor sapi sudah disuntik vaksin kedua.

"Untuk sementara kami menghentikan pemberian vaksin PMK pertama dan difokuskan pemberian vaksin PMK kedua pada minggu ini," kata Budiyanto.

Selain realisasi capaian vaksin PMK pertama sudah melampaui target nasional, wilayah Kabupaten Bangka juga berhasil menangani sebaran kasus PMK sehingga ditetapkan nihil atau zero kasus PMK.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022