Badan Pengawas Pemilu Kabupaten (Bawaslu)  Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengintensifkan pelaksanaan Program Sosialisasi Pengawasan dan Seputar Peraturan Kepemiluan atau "Sowan Sepekan".

"Ini program unggulan Bawaslu Babel yang diteruskan ke kabupaten untuk mengedukasi warga sehingga diharapkan dapat berperan aktif dalam melaporkan dan memberikan informasi dugaan pelanggaran untuk menciptakan Pemilu 2024 yang demokratis," kata Ketua Bawaslu Bangka Tengah Robianto di Koba, Sabtu.

Ia menggencarkan kegiatan "Sowan Sepekan" hingga ke seluruh atau enam kecamatan di daerah itu.

"Baru-baru ini, kita sudah melaksanakan kegiatan 'Sowan Sepekan' di Kecamatan Pangkalanbaru yang dihadiri berbagai elemen masyarakat, termasuk para tokoh masyarakat," katanya.

Robianto mengatakan semakin gencar digelar kegiatan "Sowan Sepekan" maka diharapkan semakin bertambah tingkat pemahaman masyarakat tentang kepemiluan.

"Melalui kegiatan sosialisasi tersebut tentu kami berharap masyarakat dapat memahami aturan seputar kepemiluan sehingga dapat menjadi peredam ketika ada konflik politik di tengah masyarakat untuk menjaga kerukunan," ujarnya.

Robianto mengatakan Pangkalanbaru dinilai cukup rawan jika berkaca pada Pemilu Tahun 2019 karena terdapat pemungutan suara ulang di Desa Beluluk dan Air Mesu.

"Untuk itu, kami mengajak peran aktif masyarakat mengawasi jalannya tahapan pemilu dan menyampaikan informasi kepemiluan kepada kerabat, kawan, dan tetangga," ujarnya.

Robianto berharap dengan telah terbentuknya Panwaslu Kecamatan maka diharapkan mampu menciptakan proses demokrasi yang lebih baik.

"Kami titipkan jajaran bawaslu di lapangan untuk menjaga integritas di masyarakat. Mari bersama-sama mengawasi proses pemilu sesuai aturan yang berlaku," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022