Sebanyak 6.000 Nomor Induk Berusaha (NIB) sudah diterbitkan  oleh PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung secara gratis untuk para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) atau nasabah program Mekaar yang ada di daerah itu.

"Sepanjang tahun 2022 ini kita sudah terbitkan 6.000 NIB secara gratis dan ini akan terus bertahap karena kita sudah bekerjasama dengan PLUT KUMKM Provinsi Kepulauan Babel yang memfasilitasi penerbitan NIB," kata Pimpinan Cabang PNM Babel, Daniel Silitonga di Pangkalpinang, Sabtu.

Daniel mengatakan, saat ini jumlah nasabah program Mekaar di Babel sudah mencapai 55.000 nasabah dan nasabah dari program Ullam ada 844 nasabah. Selain menerima bantuan finansial atau modal usaha, para nasabah juga menerima pelatihan untuk pengembangan usahanya.

Baca juga: PNM Babel buka 4 kantor unit mekaar, sasar keluarga pra sejahtera

Baca juga: 1.200 nasabah mekaar PNM Babel ikut pelatihan PKU

"Yang membedakan PNM dengan perbankan atau lembaga pembiayaan lainnya adalah PNM memberikan 3 modal sekaligus, finansial, intelektual dan sosial sehingga ibu-ibu pra sejahtera yang menerima bantuan finansial dapat menjadi sejahtera dan usahanya terus berkembang," terang Daniel.

Dan Nomor Induk Berusaha (NIB) adalah salah satu syarat untuk para nasabah dapat mengembangkan usahanya sehingga kedepan usahanya bisa naik kelas, karena NIB adalah bukti legalitas dari sebuah usaha.

"Jika kita sebagai warga negara memiliki KTP, maka mereka sebagai pelaku usaha harus memiliki NIB sebagai bukti legalitas usahanya. Dan NIB akan terus kita terbitkan gratis secara bertahap," ujarnya.

Baca juga: PNM bantu kurangi pengangguran di Bangka Belitung

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022