Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, menyatakan siap menjadi tuan rumah kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (pra PON) untuk cabang bulutangkis.

"Kita memang sempat diberi 'sinyal' oleh Ketua PBSI Babel untuk siap menjadi tuan rumah pra PON bulutangkis wilayah I," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Senin.

Bupati menyatakan siap jika ditunjuk sebagai tuan rumah pra PON cabang bulutangkis kendati sebelumnya sudah ditetapkan enam provinsi sebagai tempat penyelenggaraan pra PON.

Enam provinsi tersebut adalah Sumatera Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Jawa Timur, Sulawesi Tengah, dan Sumatera Barat. PON XXI akan digelar di Provinsi Sumatera Utara dan Aceh pada 5-19 September 2024.

"Venue bulutangkis yang kita punya sudah memenuhi standar, demikian juga fasilitas pendukung lainnya sangat siap," kata bupati.

Bangka Tengah sudah sering menggelar kejuaraan nasional (kejurnas) untuk beberapa cabang olahraga, termasuk bulutangkis.

"Jadi kita bisa dan kita siapkan segala sesuatu yang dibutuhkan, karena prinsip kami olahraga ini menjadi harapan untuk Bangka Tengah sehat, berkembang, dan ajang menghasilkan atlet yang hebat," ujarnya.

Menurut Algafry, sejumlah fasilitas olahraga untuk mendukung kegiatan pra PON termasuk infrastruktur pendukung juga sudah berstandar nasional.

"Fasilitas sudah siap untuk menjadi tuan rumah pra PON, walaupun menurut Ketua PBSI Babel masih ada kekurangan sedikit dalam hal penerangan, insyaallah akan kita tambahkan," jelasnya.

Menurut dia, sarana olahraga di Bangka Tengah hanya tinggal ditingkatkan karena sebelumnya sudah dibangun dengan standar nasional saat menjadi tuan rumah Porprov pada 2018.

"Terutama venue bulutangkis sudah kita bangun dengan standar nasional," kata bupati.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023