Universitas Bangka Belitung (UBB) mengajak seluruh mahasiswa, dosen, para pegawai dan masyarakat untuk mengikuti aktivasi identitas Kependudukan bersama Dukcapil Goes To Campus di Gedung Rektorat Balai Besar Peradaban Kampus Terpadu Universitas Bangka Belitung.

"Kami mengajak semua mahasiswa, dosen, pegawai dan masyarakat mengikuti kegiatan Dukcapil Goes To Campus ini. Disini mereka dapat melakukan aktivasi identitas kependudukan," kata Koordinator Humas dan Kerjasama Universitas Bangka Belitung Agus Susanto di Pangkalpinang, Selasa.

Agus mengatakan, beragam manfaat yang akan di terima jika kita beralih dari KTP fisik ke digital, seperti memudahkan dan mempercepat transaksi pelayanan publik dalam bentuk digital dan mengamankan kepemilikan identitas kependudukan melalui aplikasi yang aman untuk mencegah pemalsuan data.

Pemerintah daerah juga mendorong aktivasi identitas kependudukan digital karena ini adalah informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan. 

Identitas Digital ini sudah dapat dimanfaatkan mulai di bandara, sebagian urusan perbankan dan lain-lain yang membutuhkan KTP. Untuk mengaktivasi identitas kependudukan digital ini dapat dilakukan dengan mengunggah aplikasi Identitas Kependudukan Digital melalui Play Store atau Google Play pada Smart Phone masing-masing. 

Setelah itu lakukan pengisian data seperti NIK, alamat email serta nomor Handphone yang aktif. Langkah terakhirnya untuk aktivasi akan dibantu oleh petugas Dukcapil yang ada di Kampus Terpadu Universitas Bangka Belitung.

"Ayo kita dapatkan manfaat tersebut dengan mengikuti Dukcapil Goes To Campus karena kegiatan ini terbuka tidak hanya untuk mahasiswa, dosen dan pegawai UBB saja, namun terbuka juga untuk masyarakat umum," tutup Agus.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023