Bupati Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sukirman memberikan apresiasi positif kepada PT Timah Tbk yang selama ini ikut berperan aktif menjaga kelestarian budaya lokal.

"PT Timah selama ini sudah banyak membantu kelompok warga untuk melaksanakan pesta adat dan tradisi budaya yang ada di Bangka Barat, kami berharap kerja sama ini akan semakin baik untuk kesejahteraan masyarakat," katanya di Mentok, Jumat.

Menurut dia, program tanggung jawab sosial dan lingkungan yang dilakukan PT Timah sebagai salah satu perusahaan milik negara tersebut tidak hanya dalam pemberdayaan ekonomi, pendidikan, dan lingkungan, namun juga menyentuh sektor kebudayaan, kesenian dan adat tradisi yang ada di masyarakat.

Salah satu bentuk kepedulian tersebut adalah penyerahan bantuan dari PT Timah Tbk kepada warga Tempilang yang akan menggelar Pesta Adat Sedekah Ruah dan Perang Ketupat Tempilang.

"Kami berterima kasih kepada PT Timah yang telah menyalurkan bantuan melalui Unit Metalurgi Mentok untuk kegiatan pesta adat tersebut, semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan PT Timah selalu jaya dalam usaha dan terus memberikan kontribusi terhadap kegiatan-kegiatan masyarakat Bangka Barat," katanya.

Bupati berharap bantuan serupa tidak hanya diberikan untuk Desa Tempilang saja, akan tetapi juga untuk setiap acara pesta adat yang digelar masyarakat.

Ketua Panitia Pesta Adat Sedekah Ruwah Tempilang Ardian mengatakan perencanaan kegiatan telah mencapai pada tahap 90 persen, begitu juga dengan perencanaan acara. Agenda ini akan diselenggarakan selama dua hari dengan acara pesta adat pada hari pertama dan pesta rakyat.

Sedekah Ruwah Tempilang dan Pesta Adat Perang Ketupat yang telah ditetapkan menjadi salah satu warisan budaya takbenda oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI pada 2014, tahun ini akan dilaksanakan pada Minggu (12/3).

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023