Dinas Perhubungan Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung siap mengoperasikan pelabuhan Tanjung Gading di Desa Penutuk Tahun 2023 ini untuk membantu masyarakat pulau di daerah setempat.

"Ada beberapa hal yang harus dibenahi dan dilengkapi seperti listrik, jalan dan fasilitas air,"kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bangka Selatan Zamroni di Toboali, Senin (27/03).

Disampaikannya pelabuhan Tanjung Gading ini dibangun sejak 2014 lalu dan belum bisa beroperasi karena belum memenuhi kriteria dan perlu pembenahan fasilitas yang lain.

"Rencananya Tahun 2023 ini akan segera beroperasi untuk membantu masyarakat yang berada di daerah pulau,"katanya.

Menurut dia saat ini belum ada aktivitas di pelabuhan itu hanya tambat labuh para nelayan desa setempat kalaupun ada aktivitas namun bukan di pelabuhan itu hanya di sekitarnya.

"Saat ini hanya ada beberapa nelayan sekitar yang menggunakan pelabuhan itu, kalau aktivitas bongkar muat belum ada,"katanya.

Dirinya menjelaskan untuk jalan akan segera dibangun oleh pihak Pekerjaan Umum dengan Dana Alokasi Khusus begitu juga dengan listrik serta pemenuhan air akan segera disediakan.

"Untuk listrik kita sudah koordinasi dengan pihak PLN sedangkan untuk air rencananya kita buat sumur bor karena PDAM belum masuk disana,"kata dia.

Pewarta: Juniardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023