Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memantau sejumlah lokasi jalan yang dinilai rawan guna mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas seiring meningkatnya aktivitas masyarakat di Bulan Ramadhan 1444 Hijriah.

"Pada setiap Bulan Puasa Ramadhan dan menjelang Idul Fitri aktivitas masyarakat meningkat, terutama di jam-jam menjelang waktu berbuka puasa, kami harapkan kehadiran para personel di jalan-jalan rawan bisa mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Catur Prasetiyo di Mentok, Sabtu.

Menurut dia, pemantauan di lokasi rawan kecelakaan akan terus dilakukan tidak hanya di pusat kota, namun juga di sejumlah titik rawan yang berada di jalur antarkota maupun antarkecamatan.

Baca juga: Kapolres Bangka Tengah ingatkan warga jam rawan kecelakaan lalu lintas

Selain menggelar pemantauan lokasi rawan, para personel Satuan Lalu Lintas juga ditugaskan untuk melakukan patroli keliling guna mencegah terjadinya pelanggaran, antara lain tidak menggunakan helm bagi pengendara sepeda motor, muatan melebihi ketentuan dan pelanggaran lainnya. Bagi para pelanggar akan diberikan teguran dan imbauan agar tidak mengulang pelanggaran.

"Kita juga sudah melakukan pemetaan lokasi kerawanan dan jam-jam rawan kecelakaan untuk memudahkan penempatan personel agar arus lalu lintas tertib, lancar, aman dan nyaman," katanya.

Kehadiran para personel di lokasi-lokasi itu juga diharapkan bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengendara sekaligus mengurangi risiko terjadinya kemacetan dan kemungkinan kecelakaan.

Kepada masyarakat pengguna jalan diimbau untuk selalu waspada dan berhati-hati pada saat terjadi hujan atau gerimis karena jalanan menjadi licin.

Baca juga: Dishub Babel tambah rambu titik rawan kecelakaan

"Pada kondisi tertentu kami harapkan pengendara mengurangi laju kendaraan untuk mengurangi risiko kecelakaan dan tetap bisa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas, serta membudayakan keselamatan sebagai kebutuhan," katanya.

Ia menambahkan, pada persiapan menjelang pelaksanaan Operasi Ketupat Menumbing 2023 yang digelar untuk memberikan pelayanan kepada para pelaku perjalanan pada masa mudik lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah, Polres Bangka Barat telah menyiapkan sebanyak 90 personel yang akan ditugaskan untuk mengawal operasi tahunan tersebut.

Para personel Polres Bangka barat akan bekerja sama dengan 186 petugas gabungan dari Dinas Perhubungan, Pemadam Kebakaran, BPBD, ASDP dan unsur TNI dalam menjalankan operasi tersebut.

"Titik fokus kita di Pelabuhan Tanjungkalian Mentok. Tujuan pengamanan ini adalah untuk mencegah tindak kriminalitas, memberikan kenyamanan dan keamanan bagi seluruh pelaku perjalanan maupun mereka yang beraktivitas di pelabuhan tersebut," katanya.

Baca juga: Polres Bangka Tengah Petakan Titik Rawan Kecelakaan

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023